Sejarah Android, Sistem Operasi Smartphone Paling Populer Saat Ini - Bagian 2

on Rabu, 12 November 2014

  1. Donut (1.6)
Versi keempat Android-1.6, Donut-diluncurkan pada bulan September 2009. Dukungan jaringan CDMA membuat Android dapat digunakan pada operator manapunDonut membawa dukungan untuk berbagai ukuran layar (termasuk WVGA)dan mesin text-to-speech. Fitur baru untuk user adalah kolom quick search, perbaikan kecepatan pada camera, camcorder dan galeri serta integrasi ketiganya, control panel untuk VPN, indikator penggunaan baterai, gesture detection.
  1. Eclair (2.0–2.1)
Android 2.0 yang diluncurkan pada bulan Oktober 2009 mendapatkan penambahan fitur pada kontak dan akun yang memungkinkan untuk menambahkan banyak akun pada perangkat untuk sinkronisasai email dan kontak. Browser baru dengan user interface yang segar dan dukungan terhadap HTML 5. Kalender yang dapat untuk mengelola agenda. Selain desain ulangfitur utama yang jelas dari Android 2.0 adalah Google Maps NavigationGoogle Maps diperbarui untuk
memungkinkan navigasi yang lebih leluasalengkap dengan pencarian tempat menarik dan text to speechyang bisa membaca nama-nama jalan dengan suara keras seperti unit GPS standalone.
  1. Froyo (2.2–2.2.3)
Android 2.2 keluar pada Mei 2010. Perbaikan pada performa Kinerja browser telah ditingkatkan menggunakan mesin V8, yang memungkinkan loading lebih cepat pada halaman JavaScript yang berat. Upgrade Kernel 2.6.32 yang mendukung RAM lebih dari 256MB. memungkinkan pemasangan aplikasi di memori external. Fungsi USB tethering and Wi-Fi hotspot juga terdapat di versi ini.
  1. Gingerbread (2.3–2.3.7)
Gingerbread dirilis pada bulan Desember 2010Android 2.3 berubah hampir di setiap sudut layarnyaDengan banyak perbaikan besar, terutama pada antarmuka grafisnya untuk kesederhanaan dan kecepatan sehingga lebih mudah untuk dipelajarilebih cepat untuk digunakandan lebih hemat baterai. Dilengkapi seleksi teks sekali sentuh dan copy/paste serta kemampuan NFC. Untuk pengembang, tersedia fitur baru diantaranya, audiografisdan masukan tambahan untuk pengembang gameGyroscope dan sensor baru lainnya ditingkatkanuntuk pengolahan gerak 3D.
  1. Honeycomb (3.0–3.2.6)
Android 3.0, Honeycomb, dirilis pada Februari 2011. Versi ini dioptimalkan secara khusus untuk perangkat dengan ukuran layar yang lebih besar khususnya tablet, sehingga ponsel tidak mendapat update untuk HoneycombKonektivitas untuk aksesori USB (USB On-The-Go) ditambahkan.
  1. Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4)
Dirilis pada Oktober 2011Android 4.0Ice Cream Sandwichmembawa system operasi ini kembali ke jalur, dengan rilis yang mencakup ponsel dan tabletItu adalah update pertama untuk ponsel sejak Gingerbreadyang berarti hampir setahun sebagian besar basis pengguna Android tidak melihat update pada perangkatnya. Desain 4.0 lebih seperti Honeycomb, namun untuk perangkat yang lebih kecilmembawa bahasa desain baru untuk ponsel.
Menyediakan fitur baru untuk pengembang seperti social API, Calendar API, sebuah penyedia konten kalender berbagi pakai dan framework API yang memudahkan pengembang untuk menambahkan layanan kalender ke aplikasi mereka.  Dengan izin pengguna, aplikasi dapat menambahkan acara ke database berbagi pakai dan mengelola tanggal, peserta, peringatan, dan pengingat. Aplikasi juga dapat membaca entri dari database, termasuk peristiwa yang ditambahkan oleh aplikasi lain, dan menangani tampilan peringatan peristiwa dan pengingat. Menggunakan penyedia kalender, aplikasi dapat mengambil keuntungan dari data event yang bersumber dari berbagai aplikasi dan protokol, untuk menawarkan cara-cara inovatif memandang dan mengelola event pengguna. Aplikasi juga dapat menggunakan data kalender untuk meningkatkan relevansi konten mereka yang lain.
  1. Jelly Bean (4.1–4.3.1)
Dengan rilis Android 4.1Jelly Bean pada Juli 2012Google mulai menjaga irama Android dengan merilis versi baru setiap enam bulan. Merupakan versi tercepat dan terhalus dari Android. Menambahkan dukungan untuk pengguna di seluruh dunia dengan Bi-Directional text dan tambahan bahasa. Android 4.1 membawa update besar untuk framework notifikasi AndroidAplikasi sekarang dapat menampilkan notifikasi yang lebih besarlebih kaya kepada penggunaNotifikasi mendukung jenis baru dari kontentermasuk fotodan bahkan dapat mencakup beberapa action.
  1. KitKat (4.4–4.4.4)
Perusahaan bekerja sama dengan Nestlé untuk nama OS "KitKat," dan diluncurkan pada Halloween, 31 Oktober 2013. Salah satu perbaikan yang paling penting dalam KitKat adalah yang mungkin tidak dapat dilihat oleh pengguna secara langsungpenggunaan memori yang secara signifikan lebih rendah, dapat dipakai pada jutaan perangkat entry-level di seluruh dunia yang memiliki RAM sekecil 512MB serta dilengkapi tool analisis penggunaan memori. Fitur tambahan printing framework, storage access framework, low-power sensors, Chromium WebView, screen recording, dll.
Code name
Version
API level
(no code name)
1.0
API level 1
(no code name)
1.1
API level 2
Cupcake
1.5
API level 3, NDK 1
Donut
1.6
API level 4, NDK 2
Eclair
2.0
API level 5
Eclair
2.0.1
API level 6
Eclair
2.1
API level 7, NDK 3
Froyo
2.2.x
API level 8, NDK 4
Gingerbread
2.3 - 2.3.2
API level 9, NDK 5
Gingerbread
2.3.3 - 2.3.7
API level 10
Honeycomb
3.0
API level 11
Honeycomb
3.1
API level 12, NDK 6
Honeycomb
3.2.x
API level 13
Ice Cream Sandwich
4.0.1 - 4.0.2
API level 14, NDK 7
Ice Cream Sandwich
4.0.3 - 4.0.4
API level 15, NDK 8
Jelly Bean
4.1.x
API level 16
Jelly Bean
4.2.x
API level 17
Jelly Bean
4.3.x
API level 18
KitKat
4.4 - 4.4.4
API level 19


Saat ini Android menjadi mobile platform paling popular di dunia. Dikembangkan 4 model perangkat yaitu phone and tablets (ponsel dan perangkat tablet), wear (jam tangan), TV (smart TV) dan auto. Android mengendalikan ratusan juta perangkat mobile di lebih dari 190 negara di seluruh dunia. Merupakan basis terbesar dari seluruh mobile platform dan tumbuh dengan cepat. Setiap hari lebih dari 1 juta perangkat Android baru diaktifkan di seluruh dunia. 1,5 miliar unduhan per bulan dan terus berkembang.

Sumber: 
http://arstechnica.com/gadgets/2014/06/building-android-a-40000-word-history-of-googles-mobile-os/?all=1
http://startapp.com/infographics/history-of-android.aspx
http://www.theverge.com/2011/12/7/2585779/android-history

1 komentar:

Alfian Alamsyah 9A mengatakan...

Panjang ternyata sejarahnya

Posting Komentar