Sejarah Android, Sistem Operasi Smartphone Paling Populer Saat Ini - Bagian 1

on Rabu, 12 November 2014
          



           Android Inc didirikan pada Oktober 2003 di Palo Alto, California, oleh Andy Rubin, Rich Milner, Nick Sears dan Chris White. Oleh Andy Rubin awalnya Android ditujukan untuk kamera digital, namun beralih fokus ke smartphone setelah memutuskan bahwa kamera tidak memiliki pasar yang cukup besar. Sempat kehabisan dana di tahun yang sama, Steve Perlman, teman dekat Rubin sekaligus investor dan pengusaha Sillicon Valley memberikannya $10.000 untuk melanjutkan pekerjaannya. 
          Pada tahun 2005 Android Inc dibeli oleh Google sebagai bagian dari usaha Google untuk mendapatkan lebih banyak trafik dari perangkat mobile. Google memasarkan platformnya kepada para produsen handset dan operator dengan janji menyediakan sistem yang fleksibel dan dapat di-upgrade. Google membuat barisan rekanan komponen perangkat keras, perangkat lunak serta para operator dan memberikan sinyal terbuka untuk berbagai tingkat kerjasama pada bagian mereka.
       Tanggal 5 November 2007, Open Handset Alliance, sebuah konsorsium perusahaan teknologi termasuk Google sebagai perusahaan perangkat lunak, produsen perangkat handset seperti HTC, Sony dan Samsung, operator nirkabel seperti Sprint Nextel dan T-Mobile, dan perusahaan semikonduktor seperti Qualcomm dan Texas Instruments, meluncurkan dirinya, dengan tujuan untuk mengembangkan standar terbuka untuk perangkat mobile. Hari itu, Android diresmikan sebagai produk pertamanya, sebuah platform perangkat mobile yang dibangun di Linux kernel versi 2.6.25. Dalam pengembangannya Android meluncurkan beberapa versi:

  1. Android 0.5 Milestone 3
Sementara versi 1.0 sebagai versi Android pertama untuk dibawa pada sebuah perangkat nyata, ada beberapa versi beta yang hanya dirilis dalam bentuk emulator dengan SDK. Versi tersebut hanya untuk tujuan pengembangan saja. Pada November 2007, dua tahun setelah Google mengakuisisi Android, Android diumumkan dan emulator pertama diluncurkan dengan perangkat dibuat oleh HTC.
       2. Android 0.5 Milestone 5
        Dirilis pada Februari 2008, "Milestone 5" keluar dengan desain yang benar-benar            dirubah, merupakan usaha pertama Google untuk membuat antarmuka yang     “bersahabat dengan jari. Pada Milestone 5, Google mulai memiliki dasar dari panel notifikasi yang ditarik ke bawah dari atas layar, seperti pada smartphone modern saat ini.
  1. Android 0.9 Beta
Enam bulan setelah Milestone 5, pada Agustus 2008, Android 0.9 diluncurkan. Dilengkapi dengan beberapa aplikasi tambahan seperti Alarm Clock, Calculator, Music, Pictures, Messaging, dan Camera, versi ini sudah tampak familier.
  1. Android 1.0
Mulai Oktober 2008, Android 1.0 diluncurkan dengan memperkenalkan Android pada hardware yang nyata, diawali pada T-Mobile G1 (HTC Dream). Versi ini membawa lebih banyak aplikasi, termasuk aplikasi Google, Kalender, Email, Gmail, IM, Market, Setting, Voice Dialer, dan YouTube. Penambahan paling penting untuk Android 1.0 adalah debut dari Google’s Store, yang disebut "Android Market Beta." Sementara sebagian besar perusahaan menyebut katalog aplikasi mereka sebagai "app store" -yang berarti sebuah toko yang hanya menjual aplikasi. Google memiliki ambisi yang lebih luas. Ia keluar dengan nama yang lebih umum "Android Market." Idenya adalah bahwa Android Market tidak akan hanya menjadi rumah bagi aplikasi, tapi semua yang dibutuhkan oleh perangkat Android Anda.
  1. Android 1.1
Pada bulan Februari 2009, Android mendapat pembaruan publik pertama di Android 1.1. Pembaruan pertama yang benar-benar teratur, dari perbaikan bug hingga penambahan fitur. Sistem Android 1.1 menyediakan versi update dari framework API. Seperti pada API Android 1.0, API Android 1.1 diberikan sebuah identifier yang disebut sebagai “API level” 2 yang memungkinkan system untuk menentukan apakah benar aplikasi kompatibel dengan system, sebelum menginstall aplikasi. Versi ini juga memasukkan external library yang memungkinkan aplikasi untuk mengakses Google Maps.
  1. Cupcake (1.5)
Pada bulan April 2009, Android 1.5 dirilis. Merupakan versi pertama yang memiliki kode nama untuk pasaran publik: Cupcake. Dimulai dari versi ini, rilis Android berdasarkan abjad, dengan tema nama makanan ringan. Versi ini berisi fitur-fitur baru bagi pengguna dan pengembang, serta perubahan dalam Framework API Android.
Untuk pengembang, platform Android 1.5 menyediakan komponen yang dapat didownload untuk SDK Android. Platform yang dapat didownload mencakup library Android dan sistem image, serta satu set emulator, contoh aplikasi, dan banyak lagi. Selain itu ditambahkan keyboard virtual di layar sentuhnya dengan prediksi teks dan kamus. Untuk pertama kalinya, hal itu memungkinkan para pembuat perangkat untuk membuat keyboard bergaya Android tanpa ribuan tombol keyboard nyata dan mekanisme slide yang rumit pada perangkat. Fitur baru Perekaman dan playback video dalam format MPEG-4 dan 3GP format Auto-pairing dan dukungan stereo Bluetooth (A2DP dan AVRCP profil). Pilihan rotasi layar otomatis, Kemampuan untuk meng-upload video ke YouTube dan meng-upload foto ke Picasa

1 komentar:

Posting Komentar