Penyebab Mobil Panas Overheat

on Rabu, 10 Desember 2014
         

       Mesin panas, atau biasa disebut overheat adalah salah satu gangguan pada mobil yang kadang dianggap sepele. Padahal kalau didiamkan saja dan tidak segera ditangani, hal tersebut dapat memicu kerusakan yang lebih serius dan tentu saja akan membutuhkan biaya perbaikan yang mahal. Berikut lima hal penyebab overheat pada mobil
:
1.     Kekurangan air radiator
Proses pendinginan mesin mobil sangat bergantung pada sirkulasi air radiator atau radiator coolant. Pada umumnya, overheat disebabkan volume air pada radiator atau radiator coolant yang kurang. Perhatikan volume air radiator dan penggunaan radiator coolant agar sesuai dengan yang disyaratkan.
2.     Motor kipas tidak beroperasi
Hal lain yang memicu terjadinya overheat adalah motor kipas yang sudah tidak dapat beroperasi. Penyebabnya, bisa karena thermoswitch yang rusak, soket yang tidak tersambung dengan baik, kabel using, atau memang kipas sudah tidak layak pakai. Untuk itu harus dilakukan penggantian komponen.
3.     Fan belt aus
Perhatikan kondisi tali kipas atau fan belt. Kalau komponen ini tidak terpasang dengan baik atau kendur, sebaiknya segera diperbaiki. Tali kipas yang terganggu akan membuat kerja radiator menjadi berat. Demikian pula jika tali kipas terlihat aus atau retak, segera ganti dengan yang baru.
4.     Water pump rusak
Fungsi water pump adalah memompa air dari dalam radiator menuju ke system pendinginan mobil. Usia waterpump sangat dipengaruhi oleh perawatan yang dilakukan. Bentuk perawatan yang dimaksud antara lain menguras radiator secara rutin setiap 20.000-25.000 kilometer dan menggunakan radiator coolant seperti yang disarankan oleh pabrikan. Ketika terjadi kebocoran pada waterpump, ini menjadi sebuah indikasi bahwa komponen tersebut sudah waktunya diganti. Tanda-tanda yang patut diwaspadai ketika waterpump bocor antara lain adalah air radiator yang sering berkurang dan termperatur mesin yang naik.

Pantau kondisi mobil anda secara berkala, konsultasikan dengan mekanik jika terjadi hal-hal yang tidak wajar pada mobil anda. 

sumber: Kompas
gambar: simsradiator.com

1 komentar:

Posting Komentar